
KOMUNIKASI
MASA
SUATU PENGANTAR
EDISI REVISI
mata kuliah Jurnalistik Pendidikan Islam
dosen pembimbing : Rose Kusumaning R,MA
Nama : Eko
Priyanto
Nim : 1411519
Prodi Pendidikan Agama Islam
FAKULTAS TARBIYAH
IAINU KEBUMEN
2015
A. PENGERTIAN
KOMUNIKASI MASA
Komunikasi
masa dapat diartikan pesan yang dikomunikasikan melalui media masa pada
sejumlah besar orang yang dikemukakan oleh Bitner ( rakhmat,2003:188), dari
definisi tersebut diketahui bahwa komunikasi masa itu harus menggunakan media
masa.diantarnya yang termasuk media masa yaitu: radio,dan siaran televisi yang
disebut dengan media elektronik,surat kabar dan majalah merupakan media cetak
dan adapun media film bioskop yang digunakan pula sebagai media komunikasi
masa.
Kemudian
meletzke berpendapat bahwa komunikasi masa memperlihatkan sifat dan ciri
komunikasi masa yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat dari
pengggunaan media masa,dan juga pesanya terbuka untuk semua orang.
Definisi
komunikasi masa menurut freidson yaitu bahwa komunikasi masa dibedakan dari
jenis komuniksi lainya dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi masa dialamatkan
kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok dan bukan hanya satu kelompok
saja.
Bentuk
komunikasi masa dapat dibedakan dari corak-corak yang lama karena memiliki
karakteristik utama sebagai berikut
;diarahkan pada khalayk yang relatif besar,heterogen,bersifat
sekilas,heterogen, dan anonim,kemudian pesan disampaikan secara terbuka secara
serentak dan pendapat ini dikemukakan
oleh Wright.
Menurut
Gerbner dia berpendapat bahawa yang
dinamakan komunikasi masa melibatkan lembaga,dan pihak yang terlibat mulai dari
penyusunan sampai diterima oleh komunikan,misalnya bila pesan disampaikan
melalui media cetak seperti surat kabar dan majalah maka pihak yang terlibat diantanya pemimpin redaksi,editor
,lay out kemudian korektor. Ada juga yang
menggunakan tehnologi tapi biayanya akan relatif lebih besar.
Menurut
saverin dia berpendapat bahwa komunikasi masa sebagaian ketermpilan,sebagaian
seni dan sebagaian ilmu.dimana keterampilan tersebut meliputi teknik – teknik
fundamental tertentu seperti teknik memfokuskan kamera pada saat wawancara.
Ahli
komunikasi lainya yaitu Joseph A Davito ia berpendapat bahawa komunikasi masa
merupakan komunikasi yang ditunjukan kepada khalayak ramai. Seperti menonton
tayangan televisi.menyimak dari definisi para ahli komunikasi maka tidak ada
prinsip perbedaan mereka saling melengkapi satu sama lain.
B. KARAKTERISTIK
KOMUNIKASI MASA
Setelah
kita ketahui definisi komunikasi masa dari para ahli komunikasi adapun
karakteristik komunikasi masa sebagai berikut:
1. Komunikator
Terlembagakan
Ø Ciri
komunikasi yang pertama adalah komunikatornya,baik yang menggunakan media masa
cetak maupun elektronik, masing masing komunikatornya berperan penting dalam
penyusunan pesan hingga pesan tersebut sampai ke komunikan.
2. Pesan
bersifat umum
Ø Komunikasi
masa haruslah bersifat terbuka untuk umum dan bukan hanya untuk golongan
tertentu saja,pesan tersebut bisa berupa fakta,opini atau peristiwa,namun tidak
semua pesan tersebut bisa dimuat dalam media masa.
3. Komunikanya
bersifat anonim dan heterogen
Ø Komunikan
komunikasi masa bersifat Aninim dan Heterogen,komunikan dapat diketahui dari
usia,pendidikan,nama pekerjaan kemudian sikap dan perilaku,disamping itu
komunikan jugaa bersifat heterogen.
4. Media
masa menimbulkan keserempakan
Ø Kelebihan
komunikasi masa adalah komunikan yang dicapai banyak serta tidak terbatas,dan
sekaligus dalam waktu yang bersamaan dapat menerima pesan yang sama pula.
5. Komunikasi
mengutamakan isi ketimbang hubungan
Ø Prinsip
komunikasi adalah mengutamakan isi ketimbang hubungan terutama apa yang
dikatakan dan yang paling penting bagaimana cara komunikator menyusun pesan
sehuingga komunikan dapat memahami pesan tersebut.
6. Komuniksi
bersifat satu arah
Ø Dengan
tidak melihat secara langsung komunikan maka komunikasi masa akan bersifat satu
arah
7. Stimulasi
alat indra terbatas
Ø Dalam
komunikasi masa stimulasi alat indra tergantung pada media masa,misal
seperti media televisi maka kita akan
menggunakan indra penglihatan
8. Umpan
balik tertunda dan tidak langsung
Ø Komunikator
komunikasi masa tidak bisa melihat reaksi yang disampaikan melalui
pesanya,respon komunikan bisa diterima lewat telepon ataupun email, jadi umpan
balik akan bersifat tertunda.
C. PERANAN
KOMUNIKASI MASA
Peran
komunikasi masa dalam kehidupan sehari – hari sangatlah besar , baik melalui
media masa cetak maupun elektronik,bahkan komunikasi masa memainkan peran
penting orang-orang sejak lahir sampai meninggal,bahkan sebuah penelitian yang
dilakukan oleh gamble sebagaian besar lulusan S1 menjadikan media masa cetak
maupun elektronik yang paling mereka sukai.
D.FUNGSI
KOMUNIKASI MASA BAGI MASYARAKAT
1. Surveillance ( Pengawasan )
Ø Fungsi
pengawasan ada dua yaitu pengawasan peringatan dan pengawasan instrumental.
a) Pengawasan
peringatan fungsi pengawasan tersebut adalah sebagi informasi tentang adanya
ancaman seperti,angin topan dan lainya
b) Pengawasan
instrumental mempunyai fungsi sebagai penyebaran informasi yang berguna bagi
komunikan untukmembantu kehidupan sehari-hari.
2. Interpretation ( penafsiran )
Ø Penafsiran
berfungsi untuk membeberkan penafsiran terhadap kejadian penting.
3. Linkage ( Pertalian )
Ø Media
masa dapat menyatukan masarakat hingga membentuk pertalian berdasarkan
kepenttingan dan minat yang sama.
4. Transmission ( Penyebaran nilai –
nilai )
Ø Dengan
adanya Komunikasi masa dapat menyebarkan nilai -nilai ,setiap individu dapat
mengadopsi dari sekelompok individu.
5. Entertainmen ( Hiburan )
Ø Fungsi
yang terkhir adalah hiburan,hampir semua komunikasi masa menayangkan hiburan,sebagai mana televisi.
Kemudian
seorang yang bernama Effendi mengemukakan bahwa Fungsi komunikasi masa secara
umum yaitu :
1. Fungsi
Informasi
Ø yaitu
sebagai penyebar informasi bagi pendengar , pembaca , pemirsa .
2. Funsi
Pendidikan
Ø Bahwa
komunikasi bisa dijadikan fungsi pendidikan yaitu dengan menyajikan diskusi .
3. Fungsi
Mempengaruhi
Ø Bahwa
media masa dapat mempengaruhi khalayak melalui tayangan iklan.
Seorang yang bernama Devito mengemukakan komunikasi
masa berfungsi sebagai :
1. Fungsi
Meyakinkan
v Fungsi
meyakinkan atau persuasi bisa datang dalam bentuk :
a. Memperkuat
sikap
b. Mengubah
sikap
c. Mengerakan
seseorang untuk melakukan sesuatu
d. Memperkenalkan
etika
2. Fungsi
Menganugerahkan status
v Media
masa dapat mengerakan seseorang untuk menciptakan kondisi sosial dan mendukung
moralitas.
3. Fungsi
Membius
v Media
masa dapat membuat orang – orang terbius mereka percaya begitu saja apa yang
diberitakan,dan pada akhirnya mereka kan sadar bahwa mereka sudah terbius oleh
berita tersebut.
4. Fungsi
Menciptakan Rasa Kesatuan
v Bahwa
komun ikasi dapat menjadikan untuk menjalin persatuan dengan acara – acara yang
ditayangkan.
5. Fungsi
Privatisasi
v Dengan
banyaknya informasi yang masuk membuat kita merasa kekurangan,contohnya
banyaknya penganguran dan masih banyak yang lain.
E. BAGAIMANA
ORANG MENGGUNAKAN MEDIA MASA.
Orang – orang
menggunakan media masa itu mempunyai alasan diantaranya
1. Bagaimana
kerja pemerintah
2. Apa
yang terjadi di dunia
Orang
menggunakan media masa tidak hanya untuk santai , mereka menggunakan media masa
untuk mengatasi masalah ataupun untuk menghindari aktivitas lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar