Jumat, 10 April 2015

TUGAS TUTORIAL JURNALISTIK PENDIDIKAN ISLAM



KOMUNIKASI
MASA
SUATU PENGANTAR
EDISI REVISI

disusun guna memenuhi tugas individu
mata kuliah Jurnalistik Pendidikan Islam
dosen pembimbing : Rose Kusumaning R,MA





Nama          : Eko Priyanto
Nim : 1411519


Prodi Pendidikan Agama Islam
FAKULTAS TARBIYAH
IAINU KEBUMEN
2015



A.    PENGERTIAN KOMUNIKASI MASA
Komunikasi masa dapat diartikan pesan yang dikomunikasikan melalui media masa pada sejumlah besar orang yang dikemukakan oleh Bitner ( rakhmat,2003:188), dari definisi tersebut diketahui bahwa komunikasi masa itu harus menggunakan media masa.diantarnya yang termasuk media masa yaitu: radio,dan siaran televisi yang disebut dengan media elektronik,surat kabar dan majalah merupakan media cetak dan adapun media film bioskop yang digunakan pula sebagai media komunikasi masa.
Kemudian meletzke berpendapat bahwa komunikasi masa memperlihatkan sifat dan ciri komunikasi masa yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat dari pengggunaan media masa,dan juga pesanya terbuka untuk semua orang.
Definisi komunikasi masa menurut freidson yaitu bahwa komunikasi masa dibedakan dari jenis komuniksi lainya dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi masa dialamatkan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok dan bukan hanya satu kelompok saja.
Bentuk komunikasi masa dapat dibedakan dari corak-corak yang lama karena memiliki karakteristik utama  sebagai berikut ;diarahkan pada khalayk yang relatif besar,heterogen,bersifat sekilas,heterogen, dan anonim,kemudian pesan disampaikan secara terbuka secara serentak dan pendapat ini  dikemukakan oleh Wright.
Menurut Gerbner  dia berpendapat bahawa yang dinamakan komunikasi masa melibatkan lembaga,dan pihak yang terlibat mulai dari penyusunan sampai diterima oleh komunikan,misalnya bila pesan disampaikan melalui media cetak seperti surat kabar dan majalah  maka pihak yang  terlibat diantanya pemimpin redaksi,editor ,lay out  kemudian korektor. Ada juga yang menggunakan tehnologi tapi biayanya akan relatif lebih besar.
Menurut saverin dia berpendapat bahwa komunikasi masa sebagaian ketermpilan,sebagaian seni dan sebagaian ilmu.dimana keterampilan tersebut meliputi teknik – teknik fundamental tertentu seperti teknik memfokuskan kamera pada saat wawancara.
Ahli komunikasi lainya yaitu Joseph A Davito ia berpendapat bahawa komunikasi masa merupakan komunikasi yang ditunjukan kepada khalayak ramai. Seperti menonton tayangan televisi.menyimak dari definisi para ahli komunikasi maka tidak ada prinsip perbedaan mereka saling melengkapi satu sama lain.
B.     KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASA
Setelah kita ketahui definisi komunikasi masa dari para ahli komunikasi adapun karakteristik komunikasi masa sebagai berikut:
1.      Komunikator Terlembagakan
Ø  Ciri komunikasi yang pertama adalah komunikatornya,baik yang menggunakan media masa cetak maupun elektronik, masing masing komunikatornya berperan penting dalam penyusunan pesan hingga pesan tersebut sampai ke komunikan.
2.      Pesan bersifat umum
Ø  Komunikasi masa haruslah bersifat terbuka untuk umum dan bukan hanya untuk golongan tertentu saja,pesan tersebut bisa berupa fakta,opini atau peristiwa,namun tidak semua pesan tersebut bisa dimuat dalam media masa.
3.      Komunikanya bersifat anonim dan heterogen
Ø  Komunikan komunikasi masa bersifat Aninim dan Heterogen,komunikan dapat diketahui dari usia,pendidikan,nama pekerjaan kemudian sikap dan perilaku,disamping itu komunikan jugaa bersifat heterogen.
4.      Media masa menimbulkan keserempakan
Ø  Kelebihan komunikasi masa adalah komunikan yang dicapai banyak serta tidak terbatas,dan sekaligus dalam waktu yang bersamaan dapat menerima pesan yang sama pula.
5.      Komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan
Ø  Prinsip komunikasi adalah mengutamakan isi ketimbang hubungan terutama apa yang dikatakan dan yang paling penting bagaimana cara komunikator menyusun pesan sehuingga komunikan dapat memahami pesan tersebut.
6.      Komuniksi bersifat satu arah
Ø  Dengan tidak melihat secara langsung komunikan maka komunikasi masa akan bersifat satu arah
7.      Stimulasi alat indra terbatas
Ø  Dalam komunikasi masa stimulasi alat indra tergantung pada media masa,misal seperti  media televisi maka kita akan menggunakan indra penglihatan
8.      Umpan balik tertunda dan tidak langsung
Ø  Komunikator komunikasi masa tidak bisa melihat reaksi yang disampaikan melalui pesanya,respon komunikan bisa diterima lewat telepon ataupun email, jadi umpan balik akan bersifat tertunda.

C.     PERANAN KOMUNIKASI MASA
Peran komunikasi masa dalam kehidupan sehari – hari sangatlah besar , baik melalui media masa cetak maupun elektronik,bahkan komunikasi masa memainkan peran penting orang-orang sejak lahir sampai meninggal,bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh gamble sebagaian besar lulusan S1 menjadikan media masa cetak maupun elektronik yang paling mereka sukai.
D.FUNGSI KOMUNIKASI MASA BAGI MASYARAKAT
1. Surveillance ( Pengawasan )
Ø  Fungsi pengawasan ada dua yaitu pengawasan peringatan dan pengawasan instrumental.
a)      Pengawasan peringatan fungsi pengawasan tersebut adalah sebagi informasi tentang adanya ancaman seperti,angin topan dan lainya
b)      Pengawasan instrumental mempunyai fungsi sebagai penyebaran informasi yang berguna bagi komunikan untukmembantu kehidupan sehari-hari.
2. Interpretation ( penafsiran )
Ø  Penafsiran berfungsi untuk membeberkan penafsiran terhadap kejadian penting.
3. Linkage ( Pertalian )
Ø  Media masa dapat menyatukan masarakat hingga membentuk pertalian berdasarkan kepenttingan dan minat yang sama.
4. Transmission ( Penyebaran nilai – nilai )
Ø  Dengan adanya Komunikasi masa dapat menyebarkan nilai -nilai ,setiap individu dapat mengadopsi dari sekelompok individu.
5. Entertainmen ( Hiburan )
Ø  Fungsi yang terkhir adalah hiburan,hampir semua komunikasi masa menayangkan  hiburan,sebagai mana televisi.
Kemudian seorang yang bernama Effendi mengemukakan bahwa Fungsi komunikasi masa secara umum yaitu :
1.      Fungsi Informasi
Ø  yaitu sebagai penyebar informasi bagi pendengar , pembaca , pemirsa .
2.      Funsi Pendidikan
Ø  Bahwa komunikasi bisa dijadikan fungsi pendidikan yaitu dengan menyajikan diskusi .
3.      Fungsi Mempengaruhi
Ø  Bahwa media masa dapat mempengaruhi khalayak melalui tayangan iklan.

Seorang yang bernama Devito mengemukakan komunikasi masa berfungsi sebagai :
1.      Fungsi Meyakinkan
v  Fungsi meyakinkan atau persuasi bisa datang dalam bentuk :
a.       Memperkuat sikap
b.      Mengubah sikap
c.       Mengerakan seseorang untuk melakukan sesuatu
d.      Memperkenalkan etika
2.      Fungsi Menganugerahkan status
v  Media masa dapat mengerakan seseorang untuk menciptakan kondisi sosial dan mendukung moralitas.
3.      Fungsi Membius
v  Media masa dapat membuat orang – orang terbius mereka percaya begitu saja apa yang diberitakan,dan pada akhirnya mereka kan sadar bahwa mereka sudah terbius oleh berita tersebut.
4.      Fungsi Menciptakan Rasa Kesatuan
v  Bahwa komun ikasi dapat menjadikan untuk menjalin persatuan dengan acara – acara yang ditayangkan.
5.      Fungsi Privatisasi
v  Dengan banyaknya informasi yang masuk membuat kita merasa kekurangan,contohnya banyaknya penganguran dan masih banyak yang lain.

E.     BAGAIMANA ORANG MENGGUNAKAN MEDIA MASA.
Orang – orang menggunakan media masa itu mempunyai alasan diantaranya
1.      Bagaimana kerja pemerintah
2.      Apa yang terjadi di dunia
Orang menggunakan media masa tidak hanya untuk santai , mereka menggunakan media masa untuk mengatasi masalah ataupun untuk menghindari aktivitas lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

src='http://simple-cursor.googlecode.com/svn/trunk/hujan-ketupat.js' type='text/javascript'/>