T TUGAS TUTORIAL JURNALISTIK
KOMUNIKASI MASA
Komunikasi masa dapat diartikan pesan yang dikomunikasikan melalui
media masa pada sejumlah besar orang yang dikemukakan oleh Bitner (
rakhmat,2003:188), dari definisi tersebut diketahui bahwa komunikasi masa itu
harus menggunakan media masa.diantarnya yang termasuk media masa yaitu:
radio,dan siaran televisi yang disebut dengan media elektronik,surat kabar dan
majalah merupakan media cetak dan adapun media film bioskop yang digunakan pula
sebagai media komunikasi masa.
Kemudian meletzke berpendapat bahwa komunikasi masa memperlihatkan
sifat dan ciri komunikasi masa yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat
dari pengggunaan media masa,dan juga pesanya terbuka untuk semua orang.
Definisi komunikasi masa menurut freidson yaitu bahwa komunikasi masa
dibedakan dari jenis komuniksi lainya dengan suatu kenyataan bahwa komunikasi
masa dialamatkan kepada sejumlah populasi dari berbagai kelompok dan bukan
hanya satu kelompok saja.
Bentuk komunikasi masa dapat dibedakan dari corak-corak yang lama
karena memiliki karakteristik utama
sebagai berikut ;diarahkan pada khalayk yang relatif
besar,heterogen,bersifat sekilas,heterogen, dan anonim,kemudian pesan
disampaikan secara terbuka secara serentak dan pendapat ini dikemukakan oleh Wright.
Menurut Gerbner dia berpendapat
bahawa yang dinamakan komunikasi masa melibatkan lembaga,dan pihak yang
terlibat mulai dari penyusunan sampai diterima oleh komunikan,misalnya bila
pesan disampaikan melalui media cetak seperti surat kabar dan majalah maka pihak yang terlibat diantanya pemimpin redaksi,editor
,lay out kemudian korektor. Ada juga yang
menggunakan tehnologi tapi biayanya akan relatif lebih besar.
Menurut saverin dia berpendapat bahwa komunikasi masa sebagaian
ketermpilan,sebagaian seni dan sebagaian ilmu.dimana keterampilan tersebut
meliputi teknik – teknik fundamental tertentu seperti teknik memfokuskan kamera
pada saat wawancara.
Ahli komunikasi lainya yaitu Joseph A Davito ia berpendapat bahawa
komunikasi masa merupakan komunikasi yang ditunjukan kepada khalayak ramai.
Seperti menonton tayangan televisi.menyimak dari definisi para ahli komunikasi
maka tidak ada prinsip perbedaan mereka saling melengkapi satu sama lain.
B.
KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASA
Setelah kita
ketahui definisi komunikasi masa dari para ahli komunikasi adapun karakteristik
komunikasi masa sebagai berikut:
1.
Komunikator Terlembagakan
2.
Pesan bersifat umum
3.
Ko munikanya bersifat anonim dan heterogen
4.
Media masa menimbulkan keserempakan
5.
Komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan
6.
Komuniksi bersifat satu arah
7.
Stimulasi alat indra terbatas
8.
Umpan balik tertunda dan tidak langsung
C.
PERANAN KOMUNIKASI MASA
Peran komunikasi masa dalam kehidupan sehari – hari sangatlah besar ,
baik melalui media masa cetak maupun elektronik,bahkan komunikasi masa
memainkan peran penting orang-orang sejak lahir sampai meninggal,bahkan sebuah
penelitian yang dilakukan oleh gamble sebagaian besar lulusan S1 menjadikan
media masa cetak maupun elektronik yang paling mereka sukai.
D.FUNGSI KOMUNIKASI MASA BAGI MASYARAKAT
1. Surveillance ( Pengawasan )
2. Interpretation ( penafsiran 0
3. Linkage ( Pertalian )
4. transmission ( Penyebaran nilai – nilai )
5. Entertainmen ( Hiburan )
Kemudian seorang yang bernama Effendi mengemukakan bahwa Fungsi
komunikasi masa secara umum yaitu :
1.
Fungsi Informasi
yaitu
sebagai penyebar informasi bagi pendengar , pembaca , pemirsa .
2.
Funsi Pendidikan
Bahwa
komunikasi bisa dijadikan fungsi pendidikan yaitu dengan menyajikan diskusi .
3.
Fungsi Mempengaruhi
Bahwa
media masa dapat mempengaruhi khalayak melalui tayangan iklan.
Seorang yang bernama Devito mengemukakan komunikasi masa
berfungsi sebagai :
1.
Fungsi Meyakinkan
Fungsi
meyakinkan atau persuasi bisa datang dalam bentuk :
a.
Memperkuat sikap
b.
Mengubah sikap
c.
Mengerakan seseorang untuk melakukan sesuatu
d.
Memperkenalkan etika
2.
Fungsi Menganugerahkan status
Media
masa dapat mengerakan seseorang untuk menciptakan kondisi sosial dan mendukung
moralitas.
3.
Fungsi Membius
Media
masa dapat membuat orang – orang terbius mereka percaya begitu saja apa yang
diberitakan,dan pada akhirnya mereka kan sadar bahwa mereka sudah terbius oleh
berita tersebut.
4.
Fungsi Menciptakan Rasa Kesatuan
Bahwa
komun ikasi dapat menjadikan untuk menjalin persatuan dengan acara – acara yang
ditayangkan.
5.
Fungsi Privatisasi
Dengan
banyaknya informasi yang masuk membuat kita merasa kekurangan,contohnya
banyaknya penganguran dan masih banyak yang lain.
E.
BAGAIMANA ORANG MENGGUAKAN MEDIA MASA.
Orang – orang menggunakan media masa itu
mempunyai alasan diantaranya
1.
Bagaimana kerja pemerintah
2.
Apa yang terjadi di dunia
Orang menggunakan media masa tidak hanya untuk santai , mereka
menggunakan media masa untuk mengatasi masalah ataupun untuk menghindari
aktivitas lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar